Hilman Sekretaris Di DPP Kompakdesi, Sebelumnya Kades Garut Dukung Desa Bersatu

Beranda183 Dilihat

KompakNews Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024 – Sukses digelar acara Kongres Desa Indonesia pertama ini bertempat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, selama 3 (tiga) hari, 22-24 Maret 2024 dengan tema yaitu menggugah semangat, “Desa Bersatu Indonesia Maju” diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, pada tanggal 22-24 Maret 2024. Kongres desa 2024 ini diharapkan akan menjadi tonggak sejarah dalam memperkuat peran dan kontribusi desa dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat.

Kongres ini akan menjadi panggung bagi lebih dari 1000 peserta yang berasal dari utusan masing-masing provinsi di Indonesia. Para peserta ini bukan sembarang orang, mereka adalah perwakilan dari 8 (delapan) Organisasi Masyarakat Desa (ORMAS Desa) yang tergabung dalam Desa Bersatu.

ORMAS-ORMAS tersebut antara lain DPP APDESI, DPP AKSI, DPN PPDI, PP PPDI, DPP ABPEDNAS, PP PABPDSI, PARADE NUSANTARA, dan KOMPAKDESI. Dengan keragaman ini, diharapkan akan tercipta kolaborasi dan sinergi yang kuat untuk memajukan pembangunan dan pemberdayaan desa di seluruh Indonesia.

Adapun acara ini turut dihadiri oleh Hilman sebagai Sekretaris di Kompakdesi Nasional yang sebelumnya Kades dari kab Garut.

Ditemui awak media, Hilman Sekretaris dari Kompakdesi Nasional mengatakan,
“Saya Hilman dari Kompakdesi itu Komunitas Purna Bakti Kepala Desa dan Lurah Seluruh Indonesia.
Acara hari ini sangat menggembirakan dan ini salah satu momentum terbaik, berbagai organisasi desa semuanya dijadikan satu menjadi desa bersatu,” kata Hilman.

Hilman mengutarakan asal mula dirinya,
“Saya berasal dari Garut, Jawa Barat tepatnya desa Padamukti adalah desa di kecamatan Sukaresmi,” ungkap Hilman.

Mengenai harapan kedepannya, Hilman mengatakan,
“Adapun harapan Kami kedepan khusus dari kami Kompakdesi yaitu ingin mensejahterakan anggota Kompakdesi melalui Koperasi Komaladelsi (Koperasi Mantan Lepala Desa dan Lurah Seluruh Indonesia), dimana Koperasi Komalagasi untuk menggerakkan ekonomi para mantan Kepala Desa, serta turut juga dihadiri oleh sekitar 90 pengurus dari berbagai tingkatan pengurus dari 34 Provinsi  se Indonesia,” terang Hilman.

Tak luput, Hilman menerangkan sistem digitalisasi desa yang sudah diterapkannya,
“Digitalisasi Desa ini terdiri dari Sistem Informasi Desa, di harapkan seluruh Desa harus dan sudah saatnya menjadi Desa Digital. Selain itu Kompakdesi sudah mempunyai aplikasi berbasis Playstore dengan kegunaan diantaranya

– Transportasi online, marketplace, UMKM digital yang tentunya sudah terkoneksi dan berada di Playstore,” terang Hilman.

Menurut Ketua Steering Committee Kongres Desa Indonesia I, H. Fery Radiansyah, kongres ini bukanlah semata-mata acara biasa.

“Kongres Desa Indonesia I akan menjadi tonggak sejarah dalam menjaga kedaulatan desa, yang dibangun dengan kesadaran, kebulatan tekad, semangat, kesamaan kedudukan serta musyawarah mufakat,” Kata Fery lewat realis yang diterima redaksi, Jumat (22/3/2024).

Puncaknya, Fery mengatakan,
“Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, masyarakat desa, dan berbagai pihak terkait lainnya, diharapkan akan tercipta momentum positif untuk mempercepat pembangunan desa dan mewujudkan Indonesia yang maju, sejahtera, dan berdaulat, ” tutup Fery yang fasih bahasa Sunda. (Jimmy)

Komentar