Hadiri Penutupan Munas Kompakdesi, Ridwan Kamil Minta Dukungan Program Pembangunan Jabar

Beranda125 Dilihat

Komunitas purnabakti kepala desa seluruh Indonesia (Kompakdesi)  gelar musyawarah nasional pada 2 Agustus sampai 4 Agustus 2022.

Penutupan munas mantan kades itu digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (4/8/2022).

Sebanyak 340 peserta atau mantan kades hadir mulai dri Jabar sampai 28 provinsi di Indonesia. Dalam penutupan munas itu, hadir pula Gubernur Jabar, Ridwan Kamil sekaligus menjadi ketua dewan pembina Kompakdesi.

“Ya timbal baliknya yang kami berikan adalah mendukung banyak program yang telah dirasakan warga Jabar terutama pembangunan yang dibangun di Jabar,” kata Dadang Holiludin selaku Ketua Kompakdesi.

Ketika disinggung kemungkinan Kompakdesi ini mendukung Emil untuk pemilihan presiden 2024, Dadang mengaku Kompakdesi itu independen dan kembali ke orangnya masing-masing.

“Insya Allah kalau Kompakdesi itu siap mendukung program kang Emil di Jabar utamanya yang sudah dirasakan warga. Kang Emil juga tadi memberi pesan untuk bersama-sama membangun desa dan Jabar yang rencananya insya Allah akan membangun lumbung di desa ketahanan pangan,” katanya.

Adapun langkah selanjutnya yang dilakukan Kompakdesi, kata Dadang, pihaknya bakal mengembangkan dari DPP ke DPD dan DPC, serta saat ini sudah banyak beberapa kabupaten yang memiliki legalitas purnabakti kades, semisal di Cianjur, Bogor, Tasikmalaya, Sukabumi, Banten, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan.

“Adanya Kompaldesi ini semua akan bergabung yang niatnya untuk membangun silaturahim peran persaudaraan dan mengembangkan dari segi bisnis melalui koperasi,” ujar Dadang yang merupakan mantan Kades Babakan, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Kesempatan sama, Jubir Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ), Nunung Sanusi mengatakan GNIJ mengapresiasi hasil munas Kompakdesi yang telah menetapkan ketua serta melantiknya.

“Indonesia juara ini miliki visi yang sama dengan Kompakdesi, terlebih para purbakti kades seluruh Indonesia ini punya pengalaman dalam tata kelola desa. Jadi, kami dukung penuh Kompakdesi pula dalam memajukan Indonesia juara,” ujarnya.

Nunung juga mengaku kehadiran Emil dalam acara Kompakdesi di Gedung Merdeka itu sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat desa yang memiliki keinginan untuk tetap berkontribusi kepada desa di pelosok Indonesia.

“Kompakdesi yang hadir ke Bandung suatu hal luar biasa untuk rumuskan agenda masa depan desa serta dalam memberikan kontribusi. Ke depan kami akan saling bergandengan dan sinergitas dengan Kompakdesi untuk wujudkan Indonesia juara, sesuai tagline tinggal di desa, rejeki kota, dan bisnis dunia,” katanya.(*)

Komentar